-->

Jenis-Jenis Surat Berdasarkan Wujudnya

Kamis, 04 Juni 2015
 Jenis-Jenis Surat Berdasarkan Wujudnya - Administrasi umum akan mengupas habis tentang Jenis Surat berdasar pada wujudnya. Surat berdasar pada wujudnya dibagi menjadi 4 yaitu :

Kartu Pos
Surat yang terbuat dari kertas karton berukuran 15 cm x 10 cm untuk mengirimkan berita yang isinya singkat dan bersifat tidak rahasia. Kartu pos dikeluarkan oleh PT Pos Indonesia atau perusahaan untuk mempromosikan wisata.
Contoh Kartu Pos

Warkat Pos
Sehelai kertas yang telah dicetak sedemikian rupa sehingga apabila dilipat akan membentuk sampul surat. Warkat pos hanya dikeluarkan oleh PT Pos Indonesia.
Contoh Warkat Pos

Surat Bersampul
Surat yang ditulis pada kertas tersendiri, kemudian saat dikirimkan menggunakan sampul/amplop.
Contoh Surat Bersampul

Memorandum dan Nota
Memorandum (memo) adalah surat yang berisi pesan singkat berupa pemberitahuan yang bersifat mengingatkan. Memo  digunakan  dalam  kegiatan  surat  menyurat  intern organisasi/perusahaan, dibuat oleh pimpinan kepada bawahan atau bawahan kepada pimpinan atau antarpejabat dalam satu organisasi/perusahaan. Sedangkan nota adalah surat yang berisi pesan singkat berupa instruksi yang dibuat oleh pimpinan kepada bawahan atau dari pimpinan kepada pimpinan lain.
 
Contoh Nota
 
ContohMemorandum
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar test