-->

Jenis-Jenis Surat Berdasar Keamanan dan Urgensi Penyelesaian

Kamis, 04 Juni 2015
Jenis-Jenis Surat Berdasar Keamanan dan Urgensi Penyelesaian - Situs administrasiumum akan membahas tentang jenis surat berdasar keamanan dan pentingnya penyelesaian. 


Jenis Surat Berdasar Keamanan Isinya
Surat Sangat Rahasia

Surat ini sering digunakan oleh lembaga pemerintahan, caranya: surat dimasukkan dalam amplop surat kemudian diberi tanda SRHS/SR atau sangat rahasia. Apabila tidak diberi tanda tersebut dapat menggunakan amplop tiga rangkap, yaitu surat dimasukkan dalam amplop pertama kemudian dilak, lalu dimasukkan ke dalam amplop yang kedua lalu dilak, kemudian dimasukkan ke amplop yang ketiga dan dilak.

Surat Rahasia
Surat ini digunakan pada perusahaan swasta atau pemerintah, caranya: surat dimasukkan dalam amplop surat kemudian diberi tanda R/RHS atau confidential. Namun saat ini bila surat dikirim antarperusahaan tidak lagi menggunakan tanda tersebut tetapi dimasukkan dalam dua amplop surat (double envelope).

Surat Biasa
Surat yang jika isinya terbaca oleh orang lain tidak akan menimbulkan kerugian bagi organisasi ataupun pejabat yang bersangkutan.

Jenis Surat Berdasar Urgensi Penyelesaian
Surat Sangat Segera
Surat yang perlu secepatnya diketahui oleh penerimanya atau dijawab/diselesaikan. Oleh karena itu surat "sangat segera" atau "urgent" memerlukan cara penyelesaian dan pengiriman yang sesingkat-singkatnya sehingga lebih didahulukan daripada surat-surat lainnya.

Surat Segera
Surat yang berisi tentang informasi yang memerlukan jawaban/penyelesaian yang segera, namun tidak secepat surat yang bersifat "sangat segera".

Surat Biasa
Surat yang isinya tidak memerlukan jawaban/penyelesaian yang secepatnya, tetapi perlu diselesaikan berdasarkan urutan kedatangan.
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar test