-->

Jenis-Jenis Surat Bedasar Sifat Isinya

Kamis, 04 Juni 2015
Jenis-Jenis Surat Bedasar Sifat Isinya - Baik situs administrasi umum akan berbagi informasi tentang jenis surat berdasar sifat isinya ada beberapa jenis yang bisa menjadi bahan kita yaitu :

Surat Niaga
Surat niaga berisi informasi niaga yang dibuat oleh badan-badan usaha atau perusahaan dan yang termasuk surat niaga, antara lain surat perkenalan, surat permintaan penawaran, surat penawaran, surat pesanan, surat konfirmasi pesanan, surat penerimaan pesanan, surat pengiriman pesanan, surat pengiriman  pembayaran,  surat  pengaduan  (klaim),  surat penagihan, dan surat perjanjian jual beli.

Surat Pribadi
Surat pribadi merupakan surat yang dikirimkan atas nama pribadi, baik yang bersifat kekeluargaan, persahabatan, perkenalan maupun yang bersifat setengah resmi, seperti surat lamaran pekerjaan.

Surat Sosial Bisnis
Surat sosial bisnis merupakan surat yang berhubungan dengan kemanusiaan seperti surat ucapan dukacita/belasungkawa, surat ucapan sukacita, dan sebagainya.

Surat Resmi
Surat resmi merupakan surat yang isinya mempunyai kekuatan hukum/legalitas, antara lain MOU (memorandum of understanding) atau surat perjanjian.

Surat Internal Bisnis
Surat internal bisnis merupakan surat yang digunakan/ beredar pada lingkungan organisasi/perusahaan, antara lain surat pemberitahuan, surat undangan, surat kuasa, surat keterangan, memo, nota, surat edaran, surat pengantar, dan surat perintah.
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar test